Gibran Gunakan Batik Berharap Naikan UMKM

Gibran Gunakan Batik Berharap Naikan UMKM

Berita Fasihion – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka Gunakan Batik saat berpidato dalam Bahasa Inggris di depan BHV Marais, Jalan Rivoli, Paris, Perancis. Pada kunjungan tersebut, anak dari Presiden RI, Joko Widodo ini berharap agar batik dapat menjadi bagian dari fashion dunia.

“Berharap masyarakat dapat mencintai batik dan membuatnya menjadi bagian dari fashion dunia,” ujarnya dikutip dari video yang diunggah kanal YouTube Batiksolotv Pemerintah Kota Surakarta.

Selain itu, Gibran juga mengatakan jika program bertajuk “Java in Paris” ini menjadi momentum bangkitnya UMKM di Solo. Sebelumnya banyak Negara termasuk Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19.

“Ini momentum yang sangat baik. Selama pandemi ini banyak UMKM kita yang benar-benar terpukul. Ini adalah momen terbaik untuk bangkit, momen untuk memuncak lebih tinggi lagi karena ini kesempatan yang sangat baik,” lanjutnya.

Gibran Gunakan Batik Berharap Naikan UMKM

Gibran menjelaskan program tersebut juga dapat dijadikan sebagai momen untuk memperlihatkan keanekaragaman budaya Indonesia.

“Ini adalah momen yang sangat baik untuk memperlihatkan keanekaragaman budaya kita karena nanti sore kita akan diberikan kesempatan untuk menampilkan tarian-tarian dan gamelan kita,” tukasnya.

Ia juga mengungkapkan agar pelaku UMKM di Solo untuk tetap semangat lantaran menurutnya event-event serupa akan diadakan kembali di tahun-tahun selanjutnya. Gibran pun berharap agar produk-produk UMKM untuk ditingkatkan levelnya dari segi kualitas hingga pengemasan.

“Saya yakin di tahun-tahun berikutnya juga ada event-event yang lebih besar, kita bawa lagi lebih banyak UMKM dan saya berharap teman-teman UMKM yang telah mendapatkan kesempatan untuk hadir pada acara hari ini dan satu bulan kedepan bisa lebih meningkatkan lagi levelnya, menaik kelaskan produknya, memperbaiki packagingnya,” kata dia.

“Ini momen yang baik untuk menembus pasar dunia,” tutupnya.

Usai melakukan pidato, acara pun berlanjut dengan pemukulan gong oleh Gibran dan disambung dengan pertunjukan budaya yang diawali dengan penampilan penyanyi Anggun C Sasmi.

Selain itu pertunjukan juga dimeriahkan puluhan penari dari kota Solo serta pemain gamelan yang mengiringi tarian yang dilakukan.

Pagelaran seni yang ditampilkan antara lain garapan baru Tari Srimpen Gangsal, garapan tari baru dan gunungan wayang, cuplikan fragmen wayang orang, perang kembang dan berpadu dengan tarian Bali Bale Ganjur.

Sumber : 

  • regional.kompas.com